Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Nutrition

Kenyang Lebih Lama Dengan 5 Makanan Berikut

Submitted by on 14 December 2017 – 04:15

Merasa lebih cepat lapar saat cuaca dingin? Pas banget, saat ini memasuki musim penghujan, dimana hujan merata di setiap daerah. Lebih cepat merasa lapar saat musim dingin bukanlah mitos. Dalam sebuah publikasi Paktribune, Rabu (22/9/2010), mengungkapkan bahwa rasa lapar yang lebih intense saat cuaca dingin merupakan bentuk respons tubuh yang berusaha menyesuaikan (menormalkan) suhu tubuh dengan suhu udara sekitar yang lebih rendah (dingin). Dalam kondisi demikian, tubuh membakar kalori (energi) lebih cepat sehingga wajar saja ia memerlukan asupan makanan lebih intense, ditandai dengan rasa lapar tersebut.

Bagaimanapun menurut kami, Anda tetap perlu ‘merespon’ rasa lapar tersebut, tentu tanpa dengan merusak program diet yang telah Anda jalankan, maka berikut kami informasikan 5 jenis makanan yang mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan ini bisa menjadi pilihan menu diet Anda.

Lemak Ikan

lemak ikan salmon diet sehat

Makan ikan berlemak lebih banyak seperti salmon, tuna, mackerel dan sarden. Kandungan asam lemak omega 3 yang berlimpah di dalamnya membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dikatakan zat inilah¬† yang akan bekerja dengan hormon tubuh dan mengirimkan ‘perintah’ pada tubuh untuk berhenti makan. Selain omega 3, kandungan Vitamin D pada lemak ikan diperlukan tubuh yang mana asupannya berkurang di musim penghujan karena kurangnya sinar matahari.

Ubi Jalar

ubi jalar diet sehat

Bukan rahasia lagi jika ubi jalar menjadi bagian dari pilihan menu di banyak program diet. Salah satu dari banyak alasan memilihnya karena ia mengandung serat dua kali lipat lebih tinggi ketimbang kentang (misalnya). Kentang menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai kudapan di musim dingin/hujan karena ia dapat diolah dengan banyak variasi olahan, seperti memanggangnya di oven, atau merebusnya, mengkombinasikannya dengan kuah kari pedas dsb.

Selai Kacang

selai kacang diet sehat

Bukankah selai kacang tinggi kalori? Mentega kacang (kacang tanah, kacang mete, almond) mungkin tinggi lemak tapi juga membuat kenyang dan juga menyehatkan, tentu jika kita menkonsumsinya sesuai kebutuhan. Selai kacang bahkan bisa membantu mengendalikan berat badan Anda.

Biji-bijian utuh

Ada banyak penelitian tentang manfaat kesehatan dari biji-bijian ini (flax seed, chia seed, biji bunga matahari, dsb). Biji-bijian ini juga kaya akan kandungan asam lemak omega 3, serat dan protein. Bahkan dikatakan bahwa kandungan asal lemak omega 3 pada flax seed jauh lebih tinggi dibanding ikan salmon. Sementara itu, biji bunga matahari dikenal memiliki kandungan Vitamin E yang tinggi sehingga tidak diragukan manfaatnya dalam menangkal radikal bebas. Sementara itu kolin yang terkandung di jenis biji yang sama dikatakan mampu meningkatkan kemampuan memori, sementara antioksidannya sangat baik untuk menurunkan resiko kanker payudara. Dan yang tak kalah penting mengapa kita memilih jenis biji-bijian pada diet kita, yaitu peningkatan serat dan waktu pencernaan yang lebih lama dari konsumsi biji-bijian ini akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dengan kalori lebih sedikit.

Mie Shirataki

Mie bewarna bening keputihan dengan tekstur kenyal ini dikenal rendah kalori dan karbohidrat, serta bebas gluten.Bahan pembuat mie shirataki ini berasal dari akar tanaman konjak yang tumbuh di Jepang, alternatif mie karbohidrat rendah ini adalah 97% terdiri dari air. Dengan hanya 20 kalori per porsi, ini adalah pilihan kalori rendah yang bagus untuk pendamping hidangan Asia yang pedas dan pedas. Dan, karena mie bergerak melalui sistem pencernaan perlahan, mereka membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan kecil kemungkinannya untuk segera berburu kudapan lain.

Leave a comment