Cycling Reference
Tips & Trick
Health & Fitness
Ensiklopedia
Bike Part & Review
Home » Running

Perlukah Kaos Kaki Kompresi

Submitted by on 20 December 2017 – 02:15

Dari pelari olimpiade hingga pelari ultra kelas dunia dan bahkan pemain basket profesional sekalipun, hampir tidak ada yang melewatkan sepasang kaus kaki kompresi. Bagi mereka yang bukan atlet profesional, patut dipertimbangkan penggunaan kaos kaki kompresi ini guna mempertahankan kebugaran dan bahkan meningkatkan performa. Kami rasa Anda juga perlu tahu apa sebenarnya manfaat di balik kaos kaki kompresi ini. Anda tentu tidak mau dianggap hanya sekedar mengikuti trend atau gaya tanpa tahu manfaatnya sebenarnya dari gear ini?

kaus kaki kompresi

Kaus kaki kompresi, dalam laman freeletics disebutkan sebagai cara yang murah, efektif dan sederhana untuk meningkatkan kinerja dan mengurangi risiko nyeri otot. Disebutkan bahwa gear ini sangat berguna untuk dimiliki, direkomendasikan pengenaannya di dalam maupun di luar trek lari. Berikut alasannya:

Manfaat Kompresi

Sebelum kaus kaki dan lengan yang (biasanya) bermotif warna-warni cerah ini digunakan oleh pelari sebagai bagian dari rezim latihan mereka, pada dokter telah merekomendasikan gear kompresi untuk pasien yang perlu meningkatkan sirkulasi (darah) mereka. Kompres gear mendukung aliran darah dan sistem getah bening tubuh dalam memulihkan jaringan yang rusak. Mereka menjadi sangat populer di kalangan pelari karena mereka juga memberikan stabilitas otot. Dengan mengurangi pergerakan otot betis misalnya, saat kaki pelari kontak dengan tanah selama berlari, kompresi gear ini dikatakan mampu mengurangi risiko kerusakan otot karenanya.

Penggunaan gear kompresi bisa mengurangi getaran otot. Pengurangan osilasi otot diyakini dapat mengoptimalkan arah kontraksi serat otot, sehingga menghasilkan efisiensi mekanis yang lebih baik. Efisiensi yang meningkat berarti dapat berlari lebih lama dengan energi lebih sedikit dan karenanya mengarah pada peningkatan kinerja (efisiensi).

Penurunan getaran juga berarti trauma pada otot Anda akan berkurang sehingga mampu mengurangi tingkat kelelahan pada otot. Penurunan tingkat kelelahan selama berlangsungnya aktivitas fisik akan membawa dampak yang lebih baik pada kinerja.

Tidak Hanya Selama Latihan

Kompresi juga digunakan oleh banyak atlet untuk tujuan pemulihan. Tekanan yang diterapkan pada otot diyakini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pembentukan asam laktat dan mendorong kerusakan asam laktat. Efeknya memungkinkan Anda pulih lebih cepat dari kelelahan dan nyeri otot.

Kita sering mengatakan bahwa menjaga tubuh Anda dan membantunya memulihkan dan memperbaiki dirinya sendiri adalah sesuatu yang harus Anda lakukan setiap waktu. Jika Anda adalah seseorang yang menyulap jam kerja yang panjang di kantor, dengan kehidupan keluarga dan komitmen sosial, Anda mungkin tidak sempat melakukan pijatan mingguan atau sesi peregangan dan rolling selama satu jam setiap hari – kami mendapatkannya. Di situlah kompresi masuk. Kami tidak mengatakan bahwa mengenakan kaus kaki kompresi harus menjadi satu-satunya alat regenerasi Anda, namun ini adalah metode hemat waktu yang akan mendukung proses pemulihan Anda.

Entah itu di kantor, di sekitar rumah, atau selama dalam perjalanan, cobalah untuk mengenakan kaus kaki kompresi setidaknya setidaknya satu waktu setiap hari, jadikan menjadi bagian dari rutinitas Anda. Meskipun beberapa pendapat mengatakan bahwa gear kompresi tidak memberikan berpengaruh sama sekali, tidak ada salahnya menggunakannya. Setiap pendekatan untuk mencegah kerusakan otot dan meningkatkan pemulihan adalah hal yang patut dicoba.

Temukan Ukuran yang Tepat

Mengenakan gear kompresi yang tepat adalah hal penting. Jika terlalu longgar maka Anda justru kehilangan manfaat dari peralatan kompresi ini. Sementara jika terlalu ketat maka otot Anda justru akan merasa ‘tercekik’ tidak nyaman. Berikut adalah beberapa tips bagaimana menemukan gear kompresi yang pas untuk Anda.

Gear kompresi memang harus cukup ketat bagi Anda untuk dapat menunjuang kestabilan form/posisi otot Anda, tapi tidak boleh juga terlalu ketat dimana justru akan menghambat sirkulasi dan menyebabkan mati rasa.

Selalu lihat diagram ukuran yang disediakan oleh produsen. Ukur lingkar betis Anda dan periksa ukuran Anda sebelum membeli gear kompres. Ada baiknya juga Anda konsultasikan pada vendor yang memahami betul produk mereka.

Pilihlah gear kompresi yang terbuat dari bahan bernapas. Ingat bahwa merasa nyaman saat berlari juga penting bagi Anda.

Leave a comment